Tuesday, December 21, 2010

Perubahan besar selalu dimulai dengan perubahan kecil



Semangat tahun baru biasa dimaknai dengan semangat untuk berubah, semangat untuk menjadi lebih baik. Akan tetapi banyak juga yang tidak tahu harus melakukan apa, sehingga perubahan itu tidak terjadi. Penyebabnya sangat sederhana, karena kebanyakan dari kita susah sekali untuk merubah kebiasaan kita.
Di dalam bukunya yang berjudul "7 habit of highly effective people", Steven covey menjelaskan bahwa untuk melakukan suatu perubahan dalam hidup kita, kita harus berani merubah kebiasaan kita.

Kok bisa ya? Bagaimana logikanya?

Pernahkah anda berkeinginan untuk mendapatkan kenaikan gaji yang lebih besar? Pernahkah anda berkeinginan untuk mendapatkan promosi? Jawabnya pasti pernah. lalu

Pernahkah anda terpikir untuk bangun tidur 30 menit lebih awal? Pernahkah anda terpikir untuk datang ke kantor 15 menit lebih awal dari biasanya? Pernahkah anda terpikir untuk menyapa setiap orang yang anda temui?

Pernahkah?

Pernahkah anda membaca buku lebih banyak dari tahun lalu? Pernahkah anda terpikir untuk mengambil kursus bahasa Inggris? Pernahkah anda untuk mencoba cara baru dalam menyelesaikan pekerjaan anda?
Jawabnya hanya anda yang tahu. kalau misalnya pernah, apakah anda secara konsisten menjalani rutinitas tersebut? Nah?

Thomas Alpha edisson, penemu bola lampu, melakukan perubahan besar terhadap masa depan dunia. Dia turut andil besar dalam menerangkan kegelapan malam dan membuatnya sangat berwarna warni.
Hal ini karena beliau secara terus menerus merubah metode dalam menciptakan lampu pijar.
Pada percobaan pertama, lampu pijar yang dihasilkan hanya bertahan beberapa menit. Kemudian dia merubah metode pembuatannya, dan dia berhasil memperpanjang nyala lampu pijar menjadi lebih lama beberapa menit. Sampai pada percobaan ke 1000, dia berhasil membuat lampu dengan lama pijar sampai beberapa bulan.

Lalu?

Keinginan kita untuk mendapatkan kenaikan gaji yang lebih besar, dipromosikan dalam waktu yang relatif cepat. Tidak akan tercapai kalau kita tidak merubah hal-hal kecil yang secara rutin selalu biasa kita lakukan.
Karena hal rutin yang dilakukan secara terus menerus, secara tidak langsung otak kita tidak akan menambah koneksi netron-netronnya dan pada akhirnya membentuk pola pikir kita tidak berkembang.
Tapi jika kita merubah sedikit saja kebiasaan kita, walau itu kecil, tapi dilakukan secara konsisten, maka cara kerja otak kita akan ikut berubah juga. Koneksi antar neuron didalam otak kita akan semakin banyak dan semakin bervariasi.

Apalagi jika kita membuat perubahan-perubahan kecil itu semakin sering. Maka akan terjadi perubahan yang tidak akan pernah anda duga-duga. Cara kerja anda akan berubah, pola pikir anda akan semakin berkembang dan penilaian orang lain terhadap kita juga akan berubah. Dan disaat itulah, peluang untuk mendapatkan kesempatan sukses akan semakin besar.

Jadi kesimpulannya

Teruslah untuk membuat perubahan-perubahan kecil dalam hidup kita dan lakukan hal itu secara konsisten. Jika cara ini berhasil dilakukan oleh Edisson, Sepertinya akan berhasil untuk anda juga

Bagaimana menurut anda?

No comments:

Post a Comment