Tuesday, April 12, 2011

Dewasa itu sanggup mengambil keputusan dan menanggung resikonya

Saat kita belajar untuk menjadi dewasa, kita akan dihadapkan dalam berbagai macam permasalahan dan situasi. Dalam hidup, hal itu wajar terjadi. Bahkan jauh sebelum kita beranjak dewasa, saat kita masih kecil, kita seringkali mengambil keputusan. Bedanya adalah pada waktu kita masih kecil, jarang sekali kita memutuskan sesuatu berdasarkan berbagai pertimbangan yang mempertimbangkan semua aspek resiko yang akan dihadapi.

Menjadi dewasa berarti kita dengan sadar mengambil keputusan atas berbagai pertimbangan termasuk resiko yang terkandung di dalamnya. Besar kecil resiko yang terdapat dalam keputusan itu harus berani kita ambil. Dan inilah inti dari kedewasaan itu, berani bertanggung jawab terhadap apa yang telah diputuskan. Tidak lempar batu sembunyi tangan.

Benar dan salah dalam mengambil keputusan bukanlah hal yang besar. Kalaupun salah dalam mengambil keputusan, hal itu tidak akan jadi masalah. Disinilah kedewasaan kita akan semakin terbentuk. Reaksi kita terhadap keputusan yang kita buat. Akuilah kalau kita salah, karena kita masih dalam tahap belajar. Dan kita akan belajar untuk mengambil keputusan yang lebih baik lagi.

There always a first time in everything we do.

Got grown up and take the risk

No comments:

Post a Comment