Saturday, October 3, 2015

Mengaji "iqro", membedah pemahaman kita dari perintah tuhan untuk membaca (1)

Seharian ngumek blog sambil mendengarkan pengajian maiyah via you tube.

Ternyata, selama ini pemahaman saya tentang beragama masih sangat sempit. masih perlu banyak mengaji, menggali lebih dalam. Mungkin itulah sebabnya ayat pertama yang turun adalah "iqro" yang berarti bacalah.

jika kita terpaku pada arti membaca secara apa adanya, maka pikiran kita akan tertuju kepada buku atau bentuk karya tulisan. Tetapi secara lebih dalam sebenarnya apa tujuan kita membaca buku? didalam buku terdapat informasi dan informasi ini adalah buah pikiran dari para pendahulu kita yang telah mengamati, merenung dan menorehkan pemikirannya ke dalam buku.


Lalu setelah informasi itu kita dapat, kita pahami dan kita resapi, trus kate lapo?

Nah disini, baru perintah tuhan yang lain turun. Bahwa kita sebagai manusia dimuka bumi harus menjadi kholifah dan rohmatan lilalamin. Untuk menjadi kholifah dan rohmatan lilalamin. baca syahadat saja kurang, baca dzikir sehari semalam pun tidak cukup. Sholat 7 hari 7 malam juga tidak akan menjadikan kita seorang kholifah dan rohmatan lilalamin.

Untuk mencapai tujuan itu, kita perlu ilmu, perlu manajemen, perlu teknologi. Nah kapan kita mendapatkan semua itu? yup, pada saat kita membaca.

itulah alasan besar tuhan kita menurunkan ayat pertamanya berupa perinta untuk membaca.
Mari kita menggali lebih dalam lagi tentang membaca. Mari kita luaskan lagi makna membaca. pada saat-saat inilah, saya yang dilahirkan sebagai orang jawa menjadi orang yang sangat bersyukur. Karena oleh tuhan, orang jawa diberi keragaman bahawa yang sangat banyak. istilah khusus untuk menggali lebih dalam yaitu "ngaji".

Nah, berarti saat kita NGAJI. berarti hakekatnya kita sekarang sedang memahami lebih dalam. Dan sekarang kita lagi ngaji tentang apa itu "iqro"

Sebelum saya teruskan, Apakah anda setuju tentang hakekat ngaji? ngaji tidak hanya sekedar membaca, ngaji itu derajatnya lebih tinggi daripada hanya sekedar membaca.

Jadi, apakah anda sudah mengaji hari ini?

No comments:

Post a Comment