Thursday, April 22, 2010

Morning Greeting with Warmly Smile

Masih dalam upaya melakukan hal-hal kecil untuk menyelamatkan dunia dari pemanasan global. Kemarin malam aku menemukan hal kecil lagi yang bisa kita lakukan, yaitu menyapa orang-orang di pagi hari dengan senyuman yang hangat.

Wah, memang apa ngefeknya ya?

Pertama kali aku juga mikir seperti itu. Mang ngefek? Masa menyapa saja bisa menyelamatkan dunia dari bahaya pemanasan global?

Tapi setelah aku berpikir dan mencari berbagai artikel di internet mengenai efek menyapa dan senyuman, akhirnya aku menemukan benang merahnya. He he, kok jadi kebiasaan ya. Keluar ide dulu tapi baru cari alasan logis dibalik ide itu.

Well, aku hanya mempercayai cara otakku bekerja saja. Dia tau apa yang terbaik, tapi kadang dia tidak memberitahu kita banyak alasan tentang hal itu semua. Seperti punya six sense aja.

Ok, balik dengan hal kecil kita. Mengapa menyapa orang di pagi hari dengan senyuman hangat bisa menyelamatkan dunia dari pemanasan global.

Begini alasan logisnya. Saat kita menyapa orang, sebenarnya yang kita lakukan adalah kita menerima kehadiran orang itu ada, kita memberikan arti penting terhadap orang yang kita sapa. Dan jika ditambah dengan senyuman yang hangat, maka secara tidak langsung mengatakan ke orang yang kita sapa kalau kita ingin bersahabat, ingin mengenal anda dengan lebih baik.

Jika kita sudah mengenal orang itu, berarti kita menunjukkan bahwa aku tidak ada niat jahat atau perasaan jelek kepadamu. Soalnya pada umumnya, kalau orang tidak akur atau lagi bertengkar biasanya mereka tidak bertegur sapa.

Saat kita memberikan senyum kepada orang lain, secara tidak sadar kita telah memberikan mereka sebuah energi posituf untuk mengawali hari. Dan setiap orang yang menerima senyum kita pasti akan membalas senyum kita juga. Di dalam ilmu biologi menyebutkan, kalau kita sedang tersenyum. Di dalam otak kita akan mengeluarkan semacam enzim yang akan membuat kita merasa nyaman.

Wow, sungguh amazing bukan efeknya.

Dari perasaan nyaman yang ditimbulkan dari menyapa dengan senyuman itu akan membuat efek yang luar biasa bagi kita dan orang yang kita sapa tadi. Di pagi ini, kita akan bekerja dengan rasa yang gembira, tidak ada waktu yang hilang karena kualitas pekerjaan kita yang rendah. Karena saat kita enjoy dengan diri kita, maka kita akan mengerjakan pekerjaan kita dengan enjoy dan tanpa beban. Sehingga pekerjaan kita bisa berjalan dengan mulus dan kecil kemungkinan terjadi kesalahan. Dan kalaupun ada, maka kita akan dengan sigap membetulkan kesalahan itu tadi.

Sehingga waktu kerja kita akan jadi efektif dan effisien. Lalu bayangkan apa yang terjadi dengan orang yang kita sapa tadi? Pastinya dia akan merasakan hal yang sama dengan kita.

Lalu apa yang terjadi jika banyak orang yang kita sapa?

Wow, hasilnya akan dahsyat. Banyak waktu yang terpakai dengan baik. Energi yang digunakan menjadi sangat produktif. Kecil yang terbuang percuma. Jadi pada akhirnya kita menghemat energi untuk melakukan hal yang percuma. Dan kita telah membantu untuk menyelamatkan dunia dari pemanasan global

Bagaimana menurutmu?

No comments:

Post a Comment