Thursday, April 22, 2010

Menyelamatkan bumi dari global warming

Global warming!

Wow, kalau membayangkan ngeri juga ya. GLOBAL WARMING. Di berbagai belahan dunia sekarang, banyak yang memikirkan dan mengupayakan bagaimana supaya global warming atau pemanasan global ini tidak menjadi semakin parah.

Perusahan global seperti Toyota dan Apple sudah memulainya dengan menghadirkan produk yang ramah lingkungan. Seperti Toyota hybrid yang menggunakan baterai dan mengurangi penggunaan bahan bakar minyak. Apple juga merancang produknya untuk semakin hemat listrik.

Lalu bagaimana dengan kita?

Jangan membayangkan kalau membantu menyelamatkan dunia dari pemanasan global hanya dengan menanam sejuta pohon saja. Bukan hanya itu, aku menemukan banyak hal yang bisa kita lakukan.

Salah satu diantaranya adalah berangkat ke kantor lebih pagi.

Lho apa hubungannya dengan berangkat pagi dengan pemanasan global?

Begini, bayangkan apabila kita berangkat ke kantor lebih pagi. Waktu kita mengendarai kendaraan, kita jadi lebih santai dan tidak tergesa-gesa. Kita memacu kendaraan kita dengan santai dan konstan. Dan itu adalah cara mengemudi yang hemat bahan bakar. Hemat bahan bakar berarti lebih sedikit CO2 yang terbang ke atmosfir. Jadinya kita mengurangi emisi CO2 yang terdapat di udara. Dan bisa ditebak, kita telah berkontribusi untuk tidak menambah kandungan CO2 terlalu banyak di atmosfir.

Tidak hanya itu, dengan berangkat lebih pagi, berarti kita akan lebih siap untuk memulai pekerjaan daripada kita datang pas pada waktunya. Biasanya kita membutuhkan waktu ±15 menit untuk bisa langsung tune in ke pekerjaan kita. Dengan berangkat lebih pagi, kita bisa tune in lebih awal. Jadi pada waktu jamnya bekerja, kita telah melakukan perkerjaan kita. Berarti kita menghemat ±15 menit dan menggunakan waktu itu untuk hal yang lebih produktif.

Selain hemat waktu, kesigapan kita dalam merespon pekerjaan menjadi lebih cepat. Dengan begitu kerja kita akan menjadi lebih efektif dan effisien. Tidak ada waktu yang percuma dan setiap energi yang dikeluarkan untuk komputer, AC, dan telepon menjadi lebih produktif dan tidak ada energi yang terbuang dengan percuma. Sama seperti peralatan listrik yang hemat energi. Kita juga telah melakukan penghematan energi dengan melakukan kegiatan yang lebih produktif.

Bagaimana menurutmu?

Join with me? Melakukan hal kecil untuk menyelamatkan dunia dari pemanasan global?

No comments:

Post a Comment