Monday, August 15, 2016

Rahasia berkomunikasi


Dikutip dari facebooknya Pak San dengan sangat lugas dan gamblang dalam memaparkan rahasia dalam berkomunikasi

- - -

Dalam berbisnis, kita dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan baik. Para sales dan customer service yang handal selalu mampu berbicara dengan cara yang menyenangkan dan membuat kita merasa nyaman. Sedangkan banyak sekali yang belum juga mampu walaupun telah berupaya untuk belajar dan mengikuti berbagai training.


Sebenarnya rahasia berkomunikasi sangatlah sederhana. Setiap kali kita berbicara dengan orang lain, anggaplah orang itu lebih penting dari kita. Dan hal ini haruslah masuk kedalam hati kita dan kita hayati benar2. Kalaupun orang itu bawahan anda, tetap harus anda hargai sebagai mahluk lebih atau setidaknya seorang sahabat yang setara dengan anda.

Bila anda telah menganggap orang lain itu lebih penting dari anda tentu kata2 anda akan lebih manis, lebih baik, dan lebih hormat. Bahasa tubuh anda akan menjadi lebih menyenangkan, dan nada suara anda akan menjadi hormat dan baik.

Nah, kalau anda masih saja ingin memahami teknik nya, ada enam hal sederhanya yang merupakan landasan dasar komunikasi yang baik:


  1. Dengarkan dengan baik, perhatikan dengan seksama. Doronglah untuk mereka lebih banyak bercerita.
  2. Gunakan kata kita, dan bukan saya. Kurangi kata “saya” sebanyak mungkin pada komunikasi anda.
  3. Bila orang itu lebih rendah dari anda, tetaplah rendah hati dalam berbicara. Kerendahan hati akan terpancarkan sebagai sebuah kehangatan buat orang2 yang memahami anda. Tentu dalam kasus tertentu kita perlu menunjukkan kelebihan dan kemampuan kita, tapi cara dan sikapnya haruslah tetap dengan rendah hati.
  4. Tanyakan dengan seksama hal yang tidak jelas, perhatikan dengan baik apa yang dikatakan lawan bicara anda, berilah feedback yang baik pada setiap keterangan mereka.
  5. Sering2 gunakan kata terimakasih dan maaf. Katakan dengan tulus. Katakan dengan sederhana, cepat dan bermakna.
  6. Jangan berdebat. Kalaupun kita menang dalam debat, kita akan kalah dalam nilai komunikasi kita.

Nah semua itu adalah taktik komunikasi umum yang harus kita lakukan, tapi kalau anda amati sebenarnya, semua berpusat pada ketulusan kita untuk menganggap orang lain lebih penting dari diri kita sendiri.

Kemampuan berkomunikasi penting untuk salesmanship, customer service, business negotiation, dan dalam hampir semua aspek kehidupan kita.

Selamat berbisnis dan salam sukes selalu.

No comments:

Post a Comment